Tahun Lalu

Last year

Tepat tanggal 26 desember 2014 saya masih bertugas di Dinas Kebersihan dan Pertamanan.
Hari itu hari jum’at, hari pembukaan pameran pembangunan yang akan dilaksanakan sekitar pukul 16.00Wita, pameran ini dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Paser.
Agenda saya di hari itu adalah memasang umbul-umbul dalam rangka merayakan HUT Kabupaten Paser, umbul-umbul yang akan kami pasang tidak tanggung-tanggung totalnya sekitar 350 lembar. Yang disebar di areal sekitar perkantoran, stand pameran, jalan-jalan utama dan sepanjang jalan di tepian kandilo.
Tenaga kami dikala itu sekitar 25-30 orang.
Saya beserta anggota taman sepakat akan bekerja dari pagi hingga pekerjaan selesai, sebenarnya anggota taman telah memberi saya gambaran estimasi waktu pemasangan umbul-umbul sebanyak itu berat untuk diselesaikan dalam waktu 1 hari.

Seharusnya pemasangan umbul-umbul ini dilaksanakan sejak jauh-jauh hari, tadinya kami skeptis untuk bisa memasang umbul-umbul dalam rangka HUT kab.paser, karena umbul-umbul yang ada tidak layak untuk di gunakan, dan tidak ada pengadaan umbul-umbul di tahun 2014. Ternyata kami mendapat dana dari bagian Humas pemda paser yang dapat digunakan untuk memesan umbul-umbul serta biaya pemasangannya. Umbul-umbul dadakan ini dipesan di Balikpapan dan baru tiba di tangan saya pada malam hari tanggal 25 desember 2014. Itupun masih kurang sekitar 50 lembar.

Umbul-umbul yang baru kami utamakan untuk areal pameran dan perkantoran, ini areal yang kami kebut pengerjaannya sejak pukul 08.00 wita.

Saya keluar rumah sekitar pukul 06.30 wita, membeli kue dan minuman untuk anggota taman. Lalu pergi ke basecamp anggota untuk teknikal meeting. Setelah pembagian tugas kami langsung menuju lokasi.

Hari itu seperti biasa, saya merasa bersemangat sekali untuk menyelesaikan pekerjaan yang baru pertama kali saya kerjakan, yang istimewa bahwa saya wanita tercantik di hari itu, karena saya satu-satunya wanita😂

Nongkrong dipinggir jalan, rame-rame sambil mengikat tali umbul-umbul ke tiang…
Tim yang lain bertugas untuk memasang tiang yang sudah dilengkapi umbul-umbul…
Tugas ini menjadi melelahkan karena tiang benderanya terbuat dari besi sepanjang 4 m, pengikatnya pun harus pakai kawat tebal (bukan pekerjaan wanita lah klo berat-berat begini).
Jalur pemasangan umbul-umbul juga ramai, karena banyak rekan-rekan yang bolak balik ke stand pameran untuk persiapan pembukaan di sore hari.

Sebelum sholat jum’at, kami baru menyelesaikan 1/3 dari luasan total yang akan dikerjakan. Kami break makan siang & sholat jum’at. Kami sepakat kembali berkumpul pukul 13.30 wita.
Saya membagi menjadi 2 tim, guna mempercepat penyelesaian pekerjaan. Kami berhasil menyelesaikan pemasangan umbul-umbul tepat sesaat sebelum pameran dibuka.

Setelah itu kami meluncur ke lokasi berikutnya…
Badan sudah lelaaah….
Apalagi anggota yang pakai gotong-gotong tiang bendera yang tidak ringan.
Satu tim saya tugaskan untuk areal jalur pemda (dijalur ini kami mengganti umbul-umbul yang udah sobek dengan yang baru, Sesuai dengan arahan dari Ibu kepala Dinas bahwa “umbul-umbul tetap dipasang apapun kondisinya” dengan tujuan biar para pejabat faham apa dampaknya jika umbul-umbul tidak dianggarkan.
Terus terang malu sekali rasanya memasang umbul-umbul yang tampak seperti baju rombengan)
dan tim yang kedua bertugas di areal tepian kandilo.
Saya meminjam satu armada dump truck bidang kebersihan…
Itu sudah sekitar jam 5 sore, kami sempat beristirahat di tepian kandilo untuk ngemil-ngemil.
Lokasi terakhir yang kami kerjakan yaitu jalan jendral sudirman.
Hanya ada raut wajah lelah di wajah saya dan seluruh anggota taman. Kami tidak menuntaskan areal itu, karena sudah hampir magrib dan kami sudah bekerja sampai di batas kemampuan kami.
Anggota yang lembur memasang umbul-umbul saya liburkan di hari sabtu…

Kembali menuliskan kisah ini saja membuat saya kembali merasakan lelahnya di waktu itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *