Awali Kesuksesan dengan Sarapan Sehat

 

Bismillah

Sarapan menjadi hal yang penting dalam mengawali hari di keluarga kami. Pengorbanan dan cinta kasih kedua orang tua saya saat menyiapkan sarapan sebelum kami ke sekolah telah mengantarkan kami 5 bersaudara menjadi anak-anak berprestasi di bidang masing-masing. Ibu saya selalu berdo’a agar anak-anaknya bisa menjadi Insinyur dan dokter, tak hanya berdo’a kedua orang tua saya juga bekerja keras mencari uang agar kami bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi, pernah disatu waktu Ibu mengeluhkan harga susu yang semakin mahal, Bapak saya menghibur ibu dengan mengatakan “Ibu, jika anak-anak bodoh, maka biayanya akan lebih mahal dibandingkan harga segelas susu”.

Dulu menyantap sarapan hanya karena diWAJIBkan orang tua dan dikala kecil saya berfikir bahwa sarapan dirumah makanannya dijamin bersih serta menghemat uang saku jadi bisa nambahin isi tabungan. Pernah beberapa kali saya tidak sarapan dan efeknya benar-benar merugikan diri sendiri, dimana dalam keadaan perut lapar, badan menjadi lesu, mengantuk dan konsentrasi menurun sehingga tidak fokus menerima pelajaran dengan baik. Sejak itu saya sadar bahwa sarapan sebelum jam 9 pagi sangat berpengaruh terhadap prestasi disekolah, saya juga memperhatikan gaya hidup rekan-rekan yang berprestasi, mereka memang selalu bawa bekal sarapan yang bergizi seperti susu,roti dan telur. Untuk menu sarapan ternyata anak-anak berprestasi tidak jajan disekolah, tapi mereka makannya dirumah atau membawa bekal. Untuk makan siang mereka jajan seperti biasa.

Sejak merasakan sendiri dampak negatif tidak sarapan pagi, maka saya mulai mencari tahu tentang manfaat sarapan sebelum jam 9 pagi terhadap kesehatan. Antara lain sebagai berikut :
1. Sumber Energi awal untuk beraktifitas seharian, Tubuh dan otak kita membutuhkan sumber energi yang bergizi seimbang untuk digunakan mengawali aktivitas dipagi hari pasca beristirahat berjam-jam saat tidur.
2. Menekan nafsu makan dan mengontrol berat badan, Kebiasaan menyantap sarapan sebelum jam 9 Pagi, maka tubuh akan mendapatkan nutrisi secara teratur, sehingga kita terhindar dari kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak teratur dalam porsi besar.
3. Meningkatkan kinerja otak, Berdasarkan hasil riset Pergizi dan IDI bahwa daya tangkap dan konsentrasi anak berkaitan dengan sarapan, pada pagi hari tubuh kita membutuhkan 25% kalori, 30% karbohidrat dan 20% lemak, saat melewatkan sarapan tubuh akan mengalami hipoglikemia yaitu gula darah menurun, gula darah menurun akan menyebabkan efek negatif antara lain hilangnya konsentrasi akibat lemas, mengantuk, stress, daya tahan tubuh menurun dan emosi mudah terpancing.
4. Menjaga kesehatan jangka panjang, Sarapan pagi yang teratur akan membantu menjaga kesehatan jangka panjang, karena dengan jadual makan yang teratur maka akan mengurangi resiko penyakit diabetes dan maag, tanpa sarapan metabolisme tubuh terganggu yakni glukosa menjadi rendah, kadar insulin akan terganggu, sehingga sulit untuk mengontrol gula darah. Kadar glukosa rendah menyebabkan asam lambung naik yang menyebabkan penyakit maag, mengkonsumsi oat pada saat sarapan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.
5. Menjaga moodIni salah satu alasan pentingnya sarapan sebelum jam 9 pagi, tidak hanya kesehatan tubuh yang wajib dijaga, kondisi emosional juga sangat perlu diperhatikan, dengan rutin sarapan setiap pagi maka akan mempengaruhi mood kita sejak pagi hari.

Setelah mengetahui manfaat sarapan sebelum jam 9 pagi, maka sangat penting untuk mengetahui

.“Sarapan seperti apa sih yang baik untuk tubuh?’

Beranjak dari pertanyaan ini maka perlu dikaji kembali, bahan makanan apa aja yang cocok untuk disantap pagi hari, sarapan pagi tak hanya tentang “perut kenyang” tapi sarapan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh, yaitu sarapan yang mengandung Karbohidrat, Protein, Mineral, Air dan Lemak, selain itu tubuh juga membutuhkan nutrisi lain seperti Kalsium, Omega-3, Kolin, Asam Folat, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D dan Vitamin E.

Dari sekian banyak nutrisi bergizi yang kita butuhkan setiap pagi, untuk mendapatkan semua kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, tidak mungkin kita bisa menyantap makanan dan minuman terlalu banyak saat sarapan pagi, lagipula waktu dipagi hari sangat terbatas, makannya aja sering tidak sempat apalagi harus disiapkan dulu pastilah butuh waktu lebih lama.
Saya menemukan solusi praktis untuk menyiapkan sarapan sehat sebelum jam 9 pagi, pertama kali melihat iklan Energen di TV saya masih di bangku SD.

Slogan produk Energen membuat otak saya mikir berat

 “MINUM MAKANAN BERGIZI”

bagaimana caranya meminum makanan bergizi?
Masa iya ada minuman yang bisa bikin kenyang?

Berikut saya upload iklan energen yang bikin seorang anak SD penasaran

saat liat iklan energen di TV, saya merasa
Energen cocok banget untuk saya….”

Anak yang butuh sarapan tapi suka bilang “mana sempat!”
Ga sarapan ==> kelaparan ==> berujung penyesalan

Penasaran banget pengen nyobain Produk Energen, tapi berhubung saya tinggalnya di Kabupaten yang cukup jauh dari kota, jadi saya harus menunggu berbulan-bulan hingga akhirnya Energen dijual dikota saya. Pertama kali mencoba Energen saya langsung jatuh cinta dengan Energen Rasa Vanilla, sejak SD, SMP, SMA, Kuliah bahkan hingga bekerja, saya sering sekali mengkonsumsi produk Energen yang Vanilla. Jaman kuliah Energen selalu masuk didaftar belanja bulanan saya, dikantor pun saya biasa menyiapkan Energen dilaci meja kerja, karena saya memang terbiasa sarapan sebelum jam 9 pagi, saat tidak sempat sarapan minimal saya harus mengkonsumsi Energen Vanilla.

Sarapan sehat Energen

Energen ini mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh yaitu Karbohidrat, Protein, air, Lemak, Kalsium, Omega-3, Kolin, Asam Folat, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D dan Vitamin E, nutrisi sebanyak itu bisa kita temukan hanya dalam 1 kemasan Energen, mengkonsumsi segelas Energen sebagai menu sarapan sebelum jam 9 adalah pilihan tepat karena Energen bernutrisi 4 sehat 5 sempurna, tinggal seduh 1 menit. Praktis, enak, nutrisinya lengkap dan seimbang.

Sarapan sehat energen

Mengingat pentingnya sarapan sebelum jam 9 pagi, seharusnya jangan ada lagi anak-anak maupun orang dewasa yang gemetar, kurang konsentrasi dan ngantuk akibat tidak sarapan.

Anak yang berprestasi disekolah hingga pengusaha sukses pastilah orang yang disiplin sarapan sebelum jam 9 pagi.

Karena orang Sukses pastilah bergaya hidup sehat dan memperhatikan nutrisi yang mereka konsumsi saat mengawali hari.

Sekarang walaupun Energen udah makin bervariasi terdiri dari 5 rasa, yaitu Coklat, Vanilla, Kacang Hijau, Jagung dan Jahe. Saya tetap Suka Rasa Vanilla… 😊

Kalau kalian sukanya rasa apa….?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *